Pertanyaan tentang bagaimana cara mengatur waktu di pondok pesantren kerap sekali menghampiri para santri maupun para calon santri. Terutama calon santri. Karena kesiapan dan ketakutan mereka biasanya tergantung dari carita kakak tingkat yang terlebih dahulu menjadi santri. Mereka sering bercerita tentang susahnya mengatur waktu di pondok pesantren. Jadwal pondok yang ketat membuat mereka sangat susah untuk mengatur waktu.

                         Tapi tidak perlu hawatir, guys! Karena berikut kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengatur waktu di pondok pesantren. Kuncinya hanya perlu dibutuhkan sedikit kesabaran. Awalnya memang sulit. Tapi bukahkah kalian tahu? Bahwa akan selalu akan kemudahan yang mengiringi kesulitan. Ok, simak aja tips berikut ini :
Mengatur Waktu DiPondok Pesantren Dengan Meneguhkan Niat
                         Semua pada tahu kan? Bahwa semua amalan tergantung dari niatnya. Kalau niatnya udah lempeng, maka kendala apapun pasti akan dengan mudah kita lalui. Bagaimana caranya? Teguhkan niat untuk menghadapi berbagai rintangan yang ada. Awalnya mungkin memang sulit.Kita yang terbiasa bebas di rumah, sekarang kita dihadapkan pada situasi dimana nyaris tak ada waktu yang tersisa meski hanya untuk beristirahat. Semua kegiatan di pondok dilakukan sendiri. Termasuk juga mencuci baju, menyetrika, dan berbagai pekerjaan rumah yang selama ini dilakukan oleh ibu ai rumah.
Mengatur Waktu Di Pondok Pesantren Dengan Cerdas
                    Ingat! Dalam sehari kita hanya punya waktu 24 jam. Jadi, kita harus pintar-pintar memanfaatkan waktu. Semua fasilitas pondok adalah fasilitas umum. Tidak ada yang menjadi fasilitas pribadi. Termasuk juga kamar mandi, tempat cuci baju dan juga tempat setrika. Jangan membuang waktu hanya demi menunggu teman yang lain. Ambillah inisiatif. Misalnya, kita sedang mengantri untuk menyetrika baju. Ternyata antrian masih panjang. Jangan habiskan waktu hanya duduk menunggu. Lakukan pekerjaan lain. Misalnya mandi atau nyuci baju. Karena melakukan 2 hal tersebut juga membutuhkan waktu untuk mengantri juga.
                         Intinya, jangan sampai ada waktu yang terbuang percuma. Karena, tujuan orang tua memasukkan kita di pondok pesantren tidak hanya agar kita belajar ilmu agama saja. Namun juga belajar tentang banyak hal. Termasuk juga disiplin menata waktu.
Mengatur Waktu Di Pondok Pesantren Dengan Jangan Menunda
                    Menunda. Jika selama ini kita sering melakukannya, maka mulai sekarang kita harus belajar untuk tidak menunda pekerjaan yang bisa kita lakukan sekarang. Anggaplah waktu seperti model linier. Ketika waktu itu sudah berlalu, maka dia tidak akan pernah kembali lagi. Kita sudah kehilangan banyak kesempatan.
                         Ingat! Orang yang sukses adalah orang yang pandai menata waktu. Mereka tidak akan menunda suatu pekerjaan yang bisa dilakukan sekarang karena mereka akan berfikir nanti akan melakukan pekerjaan lain. Waktu yang diberikan Allah pada kita jauh lebih sedikit daripada kewajiban yang harus kita lakukan.
Mengatur Waktu Di Pondok Pesantren Dengan Multitasking
                         Salah satu materi wajib yang ada di pondok pesantren biasanya menghafal. Kita bisa menghafal dengan cara multitasking. Yaitu melakukan dua atau lebih pekerjaan dalam satu waktu. Misalnya, sambil kita menyetrika, sambil kita menghafal. Sambil kita menyapu lantai, sambil kita menghafal. Dengan cara seperti itu, waktu kita bisa menjadi jauh lebih bermanfaat daripada melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu. Seperti kata pepatah. Sekali mendayung, lima benua terlampaui. Itulah beberapa tips mengenai bagaimana cara mengatur waktu di pondokpesantren.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *