Untuk adek-adekku yang masih duduk di bangku sekolah maupun kuliah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips belajar yang baik. Mungkin dari sebagian kita ada yang mengeluh. Sudah belajar sungguh-sungguh tapi ternyata prestasi tidak maksimal juga. Ada yang salah? Tentu saja. Karena, asal adek-adek tau, tidak ada anak yang bodoh. Yang ada hanyalah anak yang rajin atau malas.
Ok guys, jika itu memang masalah kita, jangan lewatkan beberapa tips belajar yang baik. Sedikit solusi bagi kita yang kalah strategi dengan teman lainnya.
Tips Belajar Yang BaikDengan Mengenali Diri Sendiri
         Apa hubungannya? Baiklah. Mungkin dari kalian banyak yang bertanya. Karena memang banyak yang belum tahu. Banyak para ahli dunia pendidikan mengelompokkan cara belajar seseorang sesuai dengan tipe masing-masing orang. Dari berbagai tipe itu, dikelompokkan menjadi 3 jenis. Cara visual, cara auditori dan cara kinestetik.
1.      Cara Visual
            Cara ini lebih cenderung dominan dengan menggunakan alat peraga atau penjelasan lisan. Seperti penjelasan guru, dosen, ataupun pemateri lainnya. Dengan tekun mendengarkan penjelasn, cara ini dirasa sangat efektif bagi mereka yang lebih suka melihat dulu baru melakukannya.
            Bagi kamu-kamu yang lebih reaktif terhadap suara, peka pada dunia artistik, peka terhadap warna, lebih suka menonton film daripada membaca buku, ataupun berbagai gaya visual lainnya, pilihlah cara belajar visual ini untuk mendongkrak prestasimu. Bagaimana caranya? Mudah sekali. Dengarkan baik-baik penjelasan guru di depan kelas. Karena, tipe visual ini lebih suka dijelaskan dengan lisan. Seperti mendengarkan dongeng. Tangkap baik-baik penjelasan guru sembari menuliskan catatan-catatan kecil yang akan membantu kamu dalam mempelajari ulang di rumah nanti.
2.       Cara Auditori
            Bagi kalian yang tidak menykai dijelaskan secara lisan oleh guru di depan kelas, mungkin kalian lebih cocok menggunakan belajar cara auditori ini. Karena kalian lebih menyukai sesuatu yang dilihat dari televisi atau radio. Bagaimana cara belajar yang efektif bagi kalian yang mempunyai dasar auditori? Mudah saja. Simpan semua filepelajaran kalian dalam bentuk audio. Misalnya kalian sedang mempelajari masalah sistem pencernaan dalam biologi. Carilah VCD yang menyimpan proses ini dalam bentuk video. Cara ini efektif sekali karena memudahkan kalian dalam menerima pelajaran maupun mengingat kembali pelajaran tersebut.
3.      Cara kinestetik
            Cara ini paling efektif digunakan bagi si kutu buku. Mereka hanya bisa belajar dari membaca buku. Sekalipun guru menerangkan dengan jelas di depan kelas, mereka tidak dengan mudah begitu saja menerima keterangan dari guru. Mereka akan lebih memilih mengunjungi perpustakaan dan membaca beberapa literatur yang berkaitan.
            Cara belajarnya sangat efektif. Membaca, memahami, dan menuliskan kembali. Kelebihan dari anak kinestetik adalah mereka sebenarnya tidak perlu guru dalam proses mereka belajar. Karena yang dibutuhkan hanya buku dan teori yang dituliskan.
 Info Terbaru Pelajar Tangguh
Tips Belajar Yang BaikDengan Sedikit Tapi Teratur
            Masih ingatkah dengan istilah SKS (sistem kebut semalam). Sebuah cara belajar dimana otak dituntut untuk memahami pelajaran satus semester hanya dalam satu malam karena esok hari kita akan ada ujian akhir semester. Cara ini sangatlah tidak efektif. Karena otak mempunyai daya tampung yang terbatas jika dipaksa menelan beberapa materi dalam waktu terbatas.
            Bagaimana cara menyiasatinya? Belajarlah setiap hari. Sedikit demi sedikit. Malam sebelum ujian kita hanya perlu untuk mengulang saja. Itulah beberapa tips belajar yang baik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *