Cara Aman Meminjam Uang Secara Online

Cara Aman Meminjam Uang Secara Online

Mencuatnya banyak kasus aplikasi pinjaman online, membuat masyarakat menjadi resah terutama bagi yang membutuhkan aplikasi tersebut untuk berbagai kebutuhan mereka. Adanya Gerbang Pembayaran Nasional atau gpn menjadi salah satu titik terang yang menjadi jembatan penghubung yang aman dan terjamin.
Banyak warga yang merasa keberatan dengan biaya administrasi antar bank, sehingga bisa memotong nominal uang yang ada dalam rekening, termasuk juga saat melakukan penarikan dana dari pinjaman online itu sendiri.

Pengertian Gerbang Pembayaran Nasional

Kembali mengenai GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional, ini adalah sebuah sistem khusus yang akan menghubungkan berbagai macam alat pembayaran, seperti uang elektronik, kartu kredit, debit card dengan berbagai mesin transaksi pembayaran, misalnya EDC atau electronic data capture, ATM dan lain sebagainya.
Jadi, jika kita menggunakan kartu debit yang berlogo GPN, maka bisa melakukan transaksi di seluruh Indonesia, dalam ATM atau EDC apapun. Ditambah lagi, biaya administrasi bulanannya juga hanya 1000 Rupiah saja! Jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan biaya administrasi lainnya.
Cara Meminjam Uang Online yang Aman
Setelah membahas singkat mengenai GPN, alangkah lebih baiknya jika kita mewaspadai peminjaman online yang makin marak dan menjamur di luaran sana. Apa saja cara aman meminjam uang secara online?

1 s3JCUFx6LekVMB8VclvwIA-Pastikan pinjol yang akan didownload adalah aplikasi yang resmi. Sebab jika memilih fintech yang resmi, maka tak akan ada pencurian data nasabah yang akan merugikan kita sebagai klien. Biasanya yang resmi terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, sehingga jika aplikasi tersebut ‘nakal’ bisa dilaporkan dan segera ditindak secara hukum yang berlaku.
-Bunga pinjaman yang kecil. Seperti yang kita ketahui, semua pinjaman online selalu menerapkan bunga dalam pinjaman dana. Akan tetapi pilihan itu ada di tangan kita, memilih aplikasi manapun, bandingkan bunganya dan pilih yang paling ringan, supaya tidak memberatkan dan juga sering ada promo pinjaman tanpa bunga, manfaatkan promo itu untuk dapatkan pinjaman dana tanpa bunga.
-Jangan lupa tanggal jatuh tempo. Salah satu hal yang membuat kostumer bermasalah dengan fintech dan debt collector adalah karena lupa tanggal jatuh tempo. Jika perlu catatlah kapan waktu jatuh temponya, supaya bisa mempersiapkan dana untuk membayar pinjaman kita dan tak menimbulkan masalah baru karena melupakan tanggal jatuh tempo.
-Cerdas dalam meminjam uang secara online. Jangan mentang-mentang meminjam uang online sangat mudah dan juga tak ada jaminan sama sekali, kita jadi keenakan dan juga terus menerus gali lobang tutup lobang. Bijak dan cerdas lah dalam meminjam uang, jangan meminjam jika memang untuk kebutuhan yang tak begitu penting. Lebih baik menabung lebih lama jika memang menginginkan sesuatu, ketimbang meminjam uang dengan bunga.
Dengan memilih untuk meminjam uang pada fintech yang terdaftar resmi di OJK, maka kita bisa merasakan lebih nyaman dan aman meminjam dana tunai, sebab lembaga keuangan yang resmi pasti akan bergerak sesuai dengan peraturan resmi yang berlaku dan tak akan melanggar peraturan sama sekali.
Jika menemukan fintech pinjaman online atau pinjol ilegal dan meresahkan, maka kita bisa melaporkannya pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), supaya lekas ditindak lanjuti. Demikian adalah penjelasan singkat mengenai Gerbang Pembayaran Nasional dan juga cara aman meminjam uang secara online, semoga bisa memberikan manfaat.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan