Cara membuat skck secara online dengan mudah

Cara membuat skck secara online dengan mudah

Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) adalah suatu dokumen yang sangat penting, biasanya SKCK ini dibutuhkan saat kita akan melamar CPNS, Kuliah, Kerja dan yang lainnya. SKCK ini memiliki masa waktu nya dimana SKCK hanya bisa digunakan selama 6 bulan dari waktu SKCK tersebut dibuat, tetapi SKCK tidak perlu di perpanjang secara terus menerus setiap 6 bulan sekali, kalian bisa memperpanjang SKCK saat dibutuhkan saja. karena hampir semua orang membutuhkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) maka jika kita membuat SKCK secara offline seperti mendatangi polres atau polsek kita harus mengantri, hal tersebut membuat sebagian orang merasa malas. Tetapi untuk kalian yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk membuat SKCK, sekarang ini membuat SKCK kalian bisa melakukannya secara online loh! disini kami akan memberikan cara membuat skck secara online.

Sebenarnya membuat SKCK ini pada awalnya dilakukan secara offline yaitu dengan mendatangi polres dan polsek setempat yang pertama harus dilakukan kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan untuk membuat SKCK yang paling awal yaitu membuat surat pengantar dari RT kemudian diberikan kepada kelurahan, selanjutnya kelurahan akan memberikan surat pengantar. Syarat yang lainnnya yaitu kita harus memiliki fokokopi KK (kartu keluarga), fotokopi KTP (kartu tanda penduduk), fotokopi akta kelahiran, pas foto dengan background merah ukuran 4×6, syarat-syarat tersebut adalah untuk warga negara Indonesia. Jika kalian merupakan warga negara asing dokumen yang harus dilengkapi adalah fotokopi KITAS (kartu izin tinggal terbatas) atau KITAP (kartu izin tinggal tetap), pas foto dengan background kuning ukuran 4×6, jika sudah menikah bawa fotokopi surat nikah, fotokopi paspor dan juga membawa surat sponsor asli dari perusahaan kalian bekerja (jika bekerja). Kemudian selanjutnya jika dokumen sudah selesai kalian bisa langsung pergi ke polsek atau polres.

Memang banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk membuat dan mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Dengan bantuan teknologi yang canggih sekarang ini membuat SKCK bisa dilakukan secara online, polri sudah menyediakan website resmi untuk membuat SKCK. Sebenarnya syarat membuat SKCK secara online hampir sama seperti membuat SKCK pada umumnya yang membedakannya yaitu setiap dokumen yang menjadi syarat perlu di scan. Ini di cara membuat SKCK secara online.

  1. Siapkan laptop atau komputer
  2. Ada koneksi internet
  3. Scan dokumen-dokumen yang menjadi syarat untuk membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  4. Kemudian buka website resmi polri, websitenya harus yang sesuai dengan domisili tempat kalian tinggal. Ini dia website-websitenya:
  • Polda Jawa Barat (skck.poldajabar.org)
  • Daerah JABODETABEK  (skck.polri.go.id
  • Jawa tengah (skck.jateng.polri.go.id)
  • Polda jawa timur (jatim.skck.online ; sidoarjo.skck.online ; polresbanyuwangi.com ; resmalangkotaskck.com)
  • Polda Bali (bali.polri.go.id)
  • Polres Balerang (polresbalerang.com)
  • Polda Pontianak (sksk.polrestapontianakkota.org)
  • Polres Palembang (restapalembang.org)
  1. Jika kalian sudah masuk kedalam website resmi tersebut, kemudian kalian harus mengisi data pribadi kalian
  2. kemudian kalian bisa mengupload foto dan dokumen-dokumen persyaratan yang sudah kalian scan sebelumnya
  3. mengisi data riwayat pendidikan, riwayat keluarga dan juga riwayat pribadi
  4. mengisi pertanyaan apakah kita pernah memiliki kasus pidana atau tidak
  5. mengisi pertanyaan tujuan membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  6. isi semua jawaban dengan sesuai
  7. setelah selesai tinggal klik tombol kirim, kemudian skck kalian akan di proses
  8. kemudian nanti kalian akan mendapatkan nomor atau kode registrasi
  9. setelah beres kalian bisa mengambil SKCK di kantor kepolisian dan tunjukan kode registrasi kalian

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan