Mukena Katun Jepang, Mengapa Sangat Digemari?

Mukena Katun Jepang, Mengapa Sangat Digemari?

Dewasa ini, mukena menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi para muslimah Indonesia. Jumlah kaum hawa yang beragama islam menjadi salah satu alasan dibalik banyaknya kebutuhan mukena. Setiap tahun produksi mukena semakin meningkat, terutama disaat menjelang hari raya idul fitri. Kebutuhan  mukena baru meningkat dua hingga tiga kali lipat. Momen ini tak disia-siakan oleh produsen mukena. Mereka mencoba menarik minat pembeli melalui pembuatan mukena dengan berbagai bahan dan motif.

Permainan motif inilah yang menjadi daya tarik terbesar. Bahan katun jepang menjadi pilihan utama karena selain motif yang sangat beragam, ia juga menawarkan bahan yang lembut serta adem saat digunakan. Seperti yang kita tahu, kain katun merupakan kain yang terbuat dari pintalan serat kapas. Serat tersebut harus melalui proses pemisahan dari kotoran serta pemisahan antara serat kapas yang panjang dan pendek sebelum dipilin menjadi benang katun.

Lalu, apa yang dimaksud dengan katun jepang? Sesuai namanya, katun jepang merupakan kain katun yang berasal dari Jepang. Namun, proses produksi kain tersebut tidak berada di Jepang, melainkan dari pabrik tekstil di luar negara Jepang yang telah memiliki lisensi resmi dari pemegang hak paten di Jepang. Kain inilah yang kemudian diproduksi oleh produsen di Indonesia menjadi sebuah mukena.

Kelebihan mukena terbaru dari kain katun jepang:
1) Motif yang sangat beragam
Motif yang ditawarkan dari kain katun sangarlah beragam, mulai dari motif bunga kecil atau besar, polkadot dengan berbagai ukuran, kotak-kotak, daun, dan masih banyak lagi. Motif-motif inilah yang menjadikan mukena katun jepang mampu menarik minat masyarakat Indonesia.

2) Serat kain yang lembut
Karena tanpa adanya campuran bahan sintetis, membuat kain katun jepang memiliki serat kain yang halus dan permukaan kain lebih lembut dibandingkan kain katun biasa. Alasan ini pula yang mendasari mukena katun jepang menjadi favorit.

3)  Mampu menyerap keringat dengan baik
Mukena dari katun jepang mampu menyerap keringat dengan baik dibandingkan jenis katun lain atau bahan lainnya. Sehingga ibadah menjadi lebih khusyu’ tanpa merasa kegerahan.

4) Warna yang tak mudah luntur
Warna mukena yang terbuat dari katun jepang tidak mudah luntur meski dicuci berkali-kali. Sehingga pembelian mukena tidak perlu sesering mungkin. Selain itu, warna mukena yang dihasilkan dari katun jepang akan terlihat lebih glossy dan lebih cerah dibandingkan mukena dari katun biasa.

5) Perawatan yang lebih mudah
Mukena katun jepang tidak akan berbulu meski disikat saat proses mencucinya. Hal inilah yang membuat mukena katun jepang tidak memerlukan perawatan ekstra.

Kekurangan mukena dari kain katun jepang, antara lain:
1) Harga lebih mahal
Kain katun jepang terbuat dari 100% kapas alami sehingga harga jual nya pun lebih tinggi dibandingkan kain katun biasa.

2) Mudah kusut
Hal ini dikarenakan kain katun jepang kurang kenyal. Oleh karena itu, diperlukan perawatan intensif pada mukena bahan ini.

3) Rentan terhadap asam dan kondisi lingkungan yang lembab.
Kain katun jepang sangat mudah bereaksi dengan asam mineral maupun asam organik yang digunakan untuk memperindah kain tenun. Selain itu, kondisi lingkungan yang lembap juga akan membuat pudar warna mukena ini.

Kekurangan diatas tak mampu menutupi kelebihan dari mukena bahan katun jepang. Terbukti, animo masyarakat terhadap mukena ini tetap lah tinggi walaupun harga yang dipatok cenderung lebih tinggi dibandingkan mukena dari katun biasa.

 

Sumber gambar : rahmahmuslimhomeschool.co.uk

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan