Rektor IPB University Dua Dosen raih Penghargaan Academic Leader

Rektor IPB University Dua Dosen raih Penghargaan Academic Leader

Ada kabar baik dari dunia pendidikan, salah satunya dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB). Rektor IPB University dan dua dosennya meraih sebuah penghargaan dalam Academic Leader Award 2019. Academic Leader Award ini dipersembahkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang disingkat Kemenristekdikti. Ajang ini diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap dosen yang mana telah menghasilkan karya inovasi yang sangat bermanfaat terutama bagi pembangunan nasional. Memang tidak bisa dipungkiri lagi pencapaain serta prestasi dosen IPB sangatlah luar biasa dan sudah patut untuk diapresiasikan.

Adapun kategori dalam penghargaan Academic Leader Award ini terbagi kedalam tiga kategori, yaitu ada kategori dosen sebagai academic leader, kemudian kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan yang universitas atau perguruan tinggi, dan kategori yang terakhir adalah kategori kepala lembaga  layanan pendidikan atau LLDikti.

Pada malam puncak acara penghargaan Academik Leader Award 2019, yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 01 Oktober 2019 di Hotel Haris Vertu Harmoni, Jakarta. Institut Pertanian Bogor atau IPB University berhasil menyabet 3 penghargaan dalam acara tersebut,Yang pertama yakni diraih oleh Dr.Arif Satria selaku Rektor IPB University. Dr.Arif Satria berhasil meraih juara kedua  sebagai academik leader tahun 2019 yaitu untuk kategori Dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi.

Penghargaan ini memang cocok dinobatkan kepada Dr.Arif Satria, pasalnya sejak menjadi seorang Mahasiswa IPB dulu, Dr.Arif Satria sudah terlihat jiwa kepemimpinannya. Selama menjadi Mahasiswa Dr.Arif Satria menjadi mahasiswa yang cukup aktif mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan seperti pernah menjabat sebagai  ketua senat  kampus dan berbagai organisasi ektrakulikuler lainnya.

Kemudian pada bulan November 2017, Dr.Arif Satria terpilih sebagai Rektor IPB pada periode 2017 – 2022. Namun sebelum menjadi Rektor IPB University, Dr.Arif Satria pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dan menyandang dekan termuda di IPB.

Peraih penghargaan dalam acara Academik Leader Award 2019 selanjutnya, yakni diraih oleh Prof.Dr.Slamet Budijanto, M.Agr selaku Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pembangunan Fakultas Teknologi Pertanian, IPB University. Prof.Dr.Slamet Budijanto, M.Agr, berhasil meraih juara pertama dalam kategori Dosen sebagai academik leader bidang teknologi, penghargaan tersebut atas inovasi pengembangan vehice diversifikasi pangan bersumber pangan lokal untuk penguatan kedaulatan pangan.

Prof. Slamet dalam sambutannya menyampaikan “bahwa kemenangan ini adalah sebuah bentuk penghargaan kepada para peneliti yang selalu istiqamah, kuncinya itu adalah konsisten terus menerus mengerjakannya apapun itu kondisinya”.

Kemudian untuk kategori  Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi atau LLDikti dalam ajang Academic Leader Award 2019, IPB University  juga meraih juara kedua yang mana penghargaan tersebut dinobatkan kepada Prof.Ali Ghufron.

Dalam sambutannya Prof.Ali Ghufron menyampaikan bahwa para finalis Academik Leader ini adalah merupakan para dosen yang memiliki karakter inspiratif, semangat dalam berkarya, serta excellent. Dan yang utama adalah Visioner, bagaimana kemampuan dalam membawa gerbong institusi nya di masa depan.

Selain itu Prof.Ali Ghufron juga mengungkapkan bahwa “di era industri 4.0, yang menjadi tantangan dosen ini adalah tidak hanya menyampaikan tapi juga mengembangkan keilmuan, mensosialisasikan serta menstransformasikan keilmuanya untuk kemanfaatan masyarakat”.

Itulah beberapa pengharagaan yang diraih oleh Rektor dan dua Dosen IPB dalam acara penghargaan Academic Leader Award 2019. Selamat atas prestasi dosen IPB semoga bermanfaat dan terimakasih.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan