Cara Menghilangkan Bekas Lem dengan Mudah

Cara Menghilangkan Bekas Lem dengan Mudah

Lem adalah salah satu benda yang banyak digunakan, terutama dalam bidang kerajinan tangan. Bahkan untuk aktivitas pertukangan dan rumah tangga sekalipun. Tak heran jika kemudian cara menghilangkan bekas lem dengan mudah jadi sesuatu yang banyak dicari oleh masyarakat. Kenapa? Karena ada beberapa jenis lem yang cukup sulit untuk menghilangkan bekasnya.
Salah satu jenis lem yang banyak digunakan adalah lem korea, sebuah jenis lem cair dengan daya rekat yang luar biasa. Karena kemampuan rekatnya yang sangat bagus, lem tersebut digunakan dalam berbagai macam keperluan, dari prakarya atau kesenian sekolah, pipa ledeng yang bocor sampai menyambung pegangan cangkir yang patah.
Yang menjadi masalah adalah saat ada cairan lem yang tak sengaja mengenai tangan, atau kako dan bagian tubuh lainnya. Karena lem ini cepat kering, maka tangan atau bagian lain yang terkena lem langsung mengering, hal ini bisa menimbulkan rasa sakit dan lengket.
Beberapa Cara Menghilangkan Bekas Lem
Berikut ini adalah beberapa macam cara menghilangkan bekas lem dengan mudah, tak perlu mengeluarkan biaya besar, atau ke dokter, karena cukup menggunakan bahan-bahan yanga ada di rumah masing-masing.
Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan bekas lem yang bisa dicoba :
1. Rendam dalam air garam hangat
Yang pertama bisa dilakukan adalah dengan merendam jari atau bagian yang terkena lem dalam air garam hangat. Caranya siapkan satu mangkuk air hangat, lalu beri satu sendok makan garam dan larutkan, masukkan jari ke dalam air dan biarkan beberapa saat, bekas lem bisa lepas dengan mudah.
2. Rendam dalam air sabun hangat
Cara yang kedua dengan menggunakan campuran air hangat dan sabun lembut, satu mangkok air hangat dicampur dengan satu sendok sabun dan aduk rata. Masukkan jari yang terkena lem selama 5-10 menit.
3. Gunakan aseton
Aseton adalah cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan sisa cat kuku, dan kita bisa gunakan aseton untuk membersihkan kulit yang terkena lem. Caranya dengan meneteskan aseton pada kapas, lalu gosok-gosokkan pada bagian yang terkena lem tersebut.

cara menghilangkan noda
4. Gunakan ampelas kuku
Ampelas kuku biasanya digunakan untuk membuat kuku terlihat lebih halus dan bersinar, namun saat tangan terkena lem tanpa sengaja dan sukar dibersihkan, maka kita bisa menggunakan ampelas kuku untuk menipiskan lem yang mengering, tanpa menyakiti kukit kita.
5. Rendam dalam air lemon
Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan rendaman air lemon, dengan mencampurkannya bersama sabun lembut. Masukkan jari ke dalam mangkok air lemon, lalu biarkan sampai bekas lem mengelupas sendiri, atau setidaknya mudah untuk dilepaskan.
Jika lem yang kering tersebut adalah lem lilin, maka segera setelah tangan atau bagian tubuh lain terkena lelehannya, masukkan ke dalam air untuk menghilangkan panas dan membuat lemnya cepat beku. Setelah lemnya membeku, maka kita bisa membukanya perlahan. Jangan dibuka saat masih panas, karena bisa membuat kulit terkelupas dan berdarah.
Sementara itu, jika lem yang digunakan adalah lem kertas, tentu jauh lebih mudah untuk membersihkannya. Cara yang pertama cukup membiarkannya mengering sendiri, sehingga kita bisa melepaskannya dengan sangat gampang, serta tanpa rasa sakit sama sekali. Bisa juga dengan mencuci tangan dengan spons cuci piring hingga bersih.
Demikian adalah beberapa cara menghilangkan bekas lem dengan mudah, tanpa sakit dan luka. Selalu berhati-hati dalam beraktivitas, semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan