7 Tips Mencegah Begal Internet Banking Lakukan Sekarang

7 Tips Mencegah Begal Internet Banking Lakukan Sekarang

Adakah kiranya Tips Mencegah Begal Internet Banking? Nah sebelum itu apa Internet Banking itu? Internet Banking merupakan salah satu layanan dari perbankan yang memakai teknologi komunikasi dan informasi contohnya seperti mobile banking yaitu merupakan transaksi yang memakai handphone, seperti atm, dengan telepon banking dan juga sms banking

Banyaknya Begal di Internet Banking kali ini saya berbagi Tips Mencegah Begal Internet Banking. Seperti yang baru-baru beredar pada informasi yang ada di media sosial banyak menyebutkan kalau terjadi kejahatan kepada internet banking pada salah satu bank yang terkemuka di Indonesia. Modusnya yaitu dengan cara memakai semacam malware atau boot yang berguna untuk meminta pengguna internet banking untuk memasukkan password-nya.

Nah ini dia Tips Mencegah Begal Internet Banking untuk Anda.

  1. Mengubah Pasword Secara Berkala

Mengubah pasword pada akun internet banking. Anda dapat melakukannya sebulan sekali atau dua bulan sekali. Ini sangat efektif dilakukan sebagai cara mencegah kejahatan perbankan di dunia maya.

  1. Perhatikan Akses Wifi

Jangan memakai wifi di sembarang tempat. Ini sering tidak kita perhatikan, Jika Anda sering dengan mudahnya memakai layanan free wifi entah itu di resto maupun di hotel. Ini Sangat berbahaya waktu kita membuka internet banking terrsebut di area wifi dengan tanpa jaminan keamanan. Karena disana biasanya ada beberapa saluran wifi yang dipakai beberapa oknum yang bertujuan mencatat segala apa yang Anda tulis di laptop maupun smartphone Anda  termasuk password.

  1. Gunakan Ikon Kunci

Pastikan untuk memakaiperangkat elektronik apapun Anda gunakan situs otentik sebelum Anda memasukkan informasi pribadi Anda. Biasanya pada tampilan website pada internet banking ada pilihan dengan ikon kunci. Lambang ini menandakan kalau website tersebut akan melindungi setiap informasi pribadi Anda.

  1. Perhatikan Phising Alert

Cara ini juga merupakan yang sering digunakan oleh para pencuri untuk membobol akun internet banking dari seseorang. Yang sering terjadi yaitu pelaku mengirimkan email kepada Anda dengan cara membuat email itu dengan sedemikian rupa sehingga email akan terlihat sangat otentik. Kemudian mereka meminta data diri Anda yang lengkap dengan nomor rekening bank dan juga passwordnya.

  1. Lindungi Perangkat Dengan Antivirus

Salah satu cara dipakai oleh pembobol yaitu dengan cara mengirimkan virus ke dalam komputer pengguna internet banking. Baik yang memakai laptop, komputer ataupun smartphone. Jadi, dengan rajin Anda harus melakukan update antivirus denganperangkat Anda akan meminimalisir dari kemungkinan terjadinya kejahatan yang ada di internet.

  1. Bertransaksi Dengan Laptop atau Gadget Milik Pribadi

Jangan pernah Anda melakukan transaksi online dengan cara memakai alat atau perangkat umum. Contohnya dengan komputer atau laptop pada kantor Anda, atau gadget milik dari teman. Sangat berbahaya, walaupun barangkali Anda akan sangat percaya dengan keamanannya.

  1. Menggunakan Password Yang Berbeda Untuk Setiap Akun

Ada gunanya juga kalau Anda membuat password yang berbeda pada setiap akun di internet. Misalnya saja untuk akun twitter yang memakai password, maka akun twitter Anda bisa memakai password yang berbeda pula , tetapi juga tergantung dengan kebutuhan dan keingingan Anda. Ini merupakan upaya untuk pencegahan waktu password salah satu akun di internet, misalnya Facebook yang diketahui si pencuri, akun Anda di tempat lain tidak dapat dibajak dengan password yang sama.

Baca juga disini !

Itulah informasi mengenai Tips Mencegah Begal Internet Banking, semoga bermanfaat.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan